Rabu, 15 Mei 2019

bahan sekolah minggu (Kesabaran Yusuf menantikan Janji Tuhan)


MOVERS AND SHAKERS - KARAKTER YANG KUAT
“Sabar Bro”
Tgl: 12 Mei 2019
Bahan: Yusuf bermimpi sampai jadi orang ke2 di mesir
Tujuan: Anak-anak mempuyai karakter yang sabar dalam  menghadapi segala sesuatu
Nilai: orang yang sabar  melebihi seorang  pahlawan
Ayat Hafalan: Amsal 16:32
Alat Peraga:   - yusuf di benci oleh saudara-saudaranya
-  Yusuf di jadi budak
-  Yusuf di penjara
-  Yusuf menjadi pemimpin mesir
Aktivitas: kreativitas kelas masing-masing
Pendahuluan: shalom  adik2.. siapa yang tau arti dari antri? ... bahkan siapa yang pernah antri? Bagaimana rasanya antri ya? Tentunya gk enak ya. Apalagi  kalau antrinya panjang dan waktunya lama banget. Tentunya ada rasa bosen ya waktu nunggu antrianya. Tapi dari antri ini ada suatu pembelajaran lho... yakni kita belajar sabar. Nich kakak ada cerita tentang seorang anak yang sabar.
Isi : Yusuf lahir ketika Yakub ayahnya sudah tua. Jadi, Yusuf menjadi anak kesayangan Yakub,Yakub lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain. Sikap Yakub ini menimbulkan iri hati dalam hati saudara-saudara Yusuf. Yusuf pun kemudian mendapat dua mimpi, yang di dalamnya ia digambarkan akan berkuasa atas keluarganya, dan tentu saja ini hanya menambah kebencian mereka terhadap Yusuf. Iri hati dan kebencian mereka akhirnya mengakibatkan Yusuf mendapat banyak masalah.
Iri hati membuat saudara-saudara Yusuf tega memasukan Yusuf ke sumur tentunyua sumur ini dalam banget dan akan sakit banget katika di buang ke dalam sumur. Bahkan  saudaranya menjual Yusuf ke Mesir sebagai budak. Hanya dalam beberapa saat, hidupnya berubah drastis. Beberapa hari sebelumnya ia berada di rumah bersama dengan ayah yang sangat mengasihinya, dan sekarang ia akan dijual ke Mesir sebagai budak oleh saudara-saudaranya sendiri! Bahkan ketika di Mesir saat menjadi budak ia di Fitnah dan di masukan ke dalam penjara. Dari seorang yang di sayang di rumah harus jadi budak dan di penjara. Tentunya hal yang sangat gk enak ya adik-adik.
Yusuf sabar dan tekun menjalani semuanya. Yusuf percaya bahwa Tuhan akan memberkatinya melalui mimpi-mimpinya. Maka dari itu, dia melewati pencobaan tersebut dengan kesabaran, sebab dia percaya berkat yang akan terjadi. Bersamaan dengan kesabarannya itu pula Yusuf mencari solusi. Setelah menafsirkan mimpi juru minum, dia meminta pelayan memberitahukan kesusahannya itu. Setelah itu, dia terus bekerja di penjara sembari mempercayai waktu Tuhan akan tiba. Dan ketika raja bermimpi diingatlah Yusuf oleh pelayan yang telah diartikan mimpinya oleh Yusuf. Mulai dari itu kehidupan Yusuf berubah. Mimpi Yusuf benar-benar terjadi.
Penerapan dalam Hidup: Yusuf dengan sabar menghadapi masalah-masalah yang ada dalam kehidupanya. Mari kita mempuyai karakter yang sabar dalam  menghadapi segala sesuatu. Ketika di rumah, ketika sekolah dan saat main, gunakan kesabaran dalam semuanya itu. Jadikan kesabaran senbuah karakter yang ada dalam diri kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar